Pengalaman Latihan Mobil

Hai semuanya, apa kabar? Kali ini saya mau cerita pengalaman pribadi lagi nih. Tapi udah lama banget, jadi mungkin banyak cerita yang saya sendiri juga kurang ingat hehe. Ide nulis ini saya dapat saat sedang di belakang. Saya juga hari ini belum nulis blog. Karena di tempat kerja saya diminta untuk rutin nulis di blog setiap hari. Lumayan juga buat latihan skill nulis saya (btw kualitas tulisan saya pas awal nulis blog nyampe sekarang meningkat, sama aja atau bahkan menurun ya?).

Jadi, kalau gak salah saya mulai latihan nyetir di tahun 2016. Saat itu masih 16 tahun dan masih SMA kelas dua. Saya bilang ke ibu saya kalo saya minat banget mau latihan nyetir mobil, dan ibu saya pun setuju. Saya dan ibu saya pada suatu hari dahulu akhirnya pergi ke salah satu tempat kursus mobil di Cibitung. Persemija, salah satu yang cukup populer di Bekasi kayaknya.

Saya lupa dulu ambil paket yang berapa kali (dan harganya pun saya lupa). Kayanya saya ambil sesi lain saat sesi 1 selesai (kayak ambil kelas lagi gitu). Seingat saya, dulu tiap selesai kursus, instrukturnya juga diberi tip. Dulu saya pas daftar kursus juga belum punya mobil. Hmm. Mungkin ada teman-teman yang mikir “belum punya mobil kok kursus segala”?

Saya ambil jadwal akhir pekan, siang hari. Habis dari sekolah di hari sabtu (habis ekskul) langsung ke tempat kursus. Mobil pertama yang saya kendarai adalah Ayla tipe M sporty warna biru. Awal kursus dijelasin secara singkat apa aja yang ada di mobil. Saya disuruh juga nyalain AC dan dimarahin instrukturnya (karena saya agak sok tahu). Knob blower (yang kiri kalau di ayla) malah langsung saya puter ke nomor 4 wkwk. Ya gimana ga marah instrukturnya wkwk. Maklum pak gak punya mobil wkwk (gak saya jawab gini ya gaes ya). Instruktur saya yang pertama ini saya kurang sreg, agak galak (atau tegas mungkin kali ya??).

Lanjut, saya perlahan jalanin mobilnya, di Jl. Bosih Raya. Sebelum kursus, (maksudnya gak exactly right before the course) saya juga sering lihat video tutorial nyetir mobil, dan nonton juga video review mobil. Berharap punya mobil juga hehe. Dan saya pun lumayan udah “ngerti/bisa” pake motor kopling manual (pake motor teman ya gaes), jadi pas nyetir mobil gak 100% bingung.

Pas jalan di Bosih masih pake gigi satu. Lama juga saya berkendara pake gigi satu, gak diinstruksiin pindah gigi. Baru pas udah agak jauh mulai oper-oper gigi. Di daerah Buwek, agak macet nih. Saya masih belum ngerti banget kontrolnya. Dan ada motor (mba-mba kalo gak salah) nyundul mobil. Instruktur pun turun dan marahin mba-mba itu. Hihi.

Kursus pertama diakhiri dengan saya parkir mundur di kantor Persemija cabang Tambun (saya lupa dimana). Dan gantian saya duduk di belakang, yang nyetir gantian sama siswa lain. Dan saya turun di Persemija Cibitung.

Di kursus/sesi selanjutnya saya mulai makin terbiasa. Ini ceritanya gak urut ya, udah lupa. Diajak ke CBL, diajarin nyetir pakai satu tangan, diajak juga ke jalan di..mana ya tepatnya. Dari Metland Cibitung-Polsek Cikarang Barat. Jalanannya enak tuh buat latihan mobil. Belok-belok. Saya juga pernah diajak ke sekolah saya (SMA 1 Cibitung) dan di jalan ketemu temen saya wkwk.

Sesi saya di Persemija pun habis. Dan.. belum bisa bikin SIM karena belum 17 tahun juga. Jadinya saya mulai lupa lagi rasanya nyetir tuh gimana hehe.

Itu aja dulu ya cerita saya kali ini. Sampai jumpa, bye~

Leave a Comment