Catatan (atau Curhatan) Kuliah – Ilmu Sosial & Budaya: Manusia dan Lingkungan

Hai semuanya, apa kabar? Beberapa waktu yang lalu saya sempet bilang mau jadiin blog ini untuk catatan (materi) kuliah saya. Tapi sampai sekarang masih sedikit catatan kuliah yang saya tulis disini. Saya pikir kayanya saya tulis aja tugas semester lalu deh hehe.

Mata kuliahnya adalah ISBD (Ilmu Sosial dan Budaya). Dari namanya udah ketauan yaa ini bukan mata kuliah IT, tapi mata kuliah umum. Kelompok saya kebagian materi Manusia dan Lingkungan dan saya bagian bikin slide presentasinya.

Saya sehari-hari lebih sering pakai Linux dan misalkan pakai Windows juga gak punya Microsoft Office. Sempet coba pakai Libre Office buat bikin presentasinya, tapi kok kaya kurang sreg ya. Akhirnya saya pun pakai yang online dan populer di kalangan Gen Z. Canva.

Seperti biasanya, pas dikasih tugas dan sempet overwhelmed “wah mulai dari mana ya?” “wah materinya gimana ya” dan yang sejenisnya. Pelan-pelan ngonsep poin-poinnya dan mulai bikin slides-nya.

Untung saat kuliah sekarang penggunaan AI udah banyak banget. Mulai dari ChatGPT, Bard (sekarang Gemini) dan tool/layanan AI lainnya. Saya juga pakai ChatGPT/Bard buat cari poin-poin utama/struktur slide-nya. Dan juga untuk ilustrasi/background, saya pakai tool untuk image generation. Saya waktu itu lagi seneng background ala-ala kartun Jepang.

Saya juga usahain gak terlalu banyak tulisan di slide-nya, namanya juga power-point berarti artinya poin-poin penting saja, jangan semuanya. Tapi hasil akhirnya saya liat, kayanya masih kebanyakan juga deh hehe.

Gitu aja dulu, slides-nya saya taruh di link ini yaa  Sampai jumpa, bye~

Leave a Comment