Migrasi Container di Proxmox VE Pakai Live Migration? Emang Bisa?

Hai semuanya, apa kabar? Setelah pada tulisan yang lalu kita udah coba belajar cara migrasi VM dari satu node ke node yang lain, sekarang kita coba yuk apa Live Migration juga bisa dilakukan pada CT (container)??

Kita siapin dulu CT-nya. Untuk pengujian kali ini kita pakai CT AlmaLinux. Kita pakai template saja biar cepat. Di Proxmox VE sendiri juga menyediakan berbagai jenis CT yang bisa kita unduh. Caranya adalah pilih storage yang mendukung penyimpanan CT Template (di pengujian kali ini saya pakai NFS shared storage sebagai media penyimpanan ISO dan CT Templates), kemudian pilih menu CT Templates > Templates (gambar 1).

image host

gambar 1

Pilih template yang diinginkan. Untuk AlmaLinux sendiri ukurannya sekitar 100 MB. Kalau proses unduh template-nya udah selesai, nanti akan muncul di halaman CT Templates seperti pada gambar 2 ini:

image host

gambar 2

Selanjutnya kita buat CT baru dan pilih template tadi sebagai “basis”nya.  Gambar 3 menampilkan sekilas halaman konfigurasi pembuatan CT baru. Untuk CT ini saya lakukan pada node pve1.

image host

gambar 3

Untuk konfigurasi CT saya alokasikan penggunaan storage 10 GB, CPU 2 cores dan RAM 1 GB. Sepertinya sedikit overkill hehehe. Apabila CT sudah berhasil dibuat, maka kita coba untuk mulai (Start) CT-nya. Setelah berhasil menjalankan CT,  saya melakukan perintah yum update untuk memperbarui data repositorinya. Gambar 4 menampilkan kita sudah berhasil masuk ke CT tersebut dan menjalankan update.

image host

gambar 4

Sekarang kita coba untuk pindahkan CT ini dari pve1 ke pve2. Dan kita lihat apakah migrasi CT mekanismenya sama dengan VM atau tidak, misalnya apakah CT dipindahkan dalam kondisi dimatikan secara otomatis atau tetap hidup. Kita coba juga untuk gunakan ping ke CT tersebut untuk melihat apakah ada downtime atau tidak.

Seperti tulisan sebelumnya, proses migrasi direkam biar jelas, bisa kita liat di video 1:

video 1

Dari video tersebut kita dapat menyimpulkan bahwa migrasi CT memungkinkan untuk dilakukan pada Proxmox VE. Namun mekanismenya agak berbeda. CT dimatikan terlebih dahulu saat migrasi dan setelah selesai migrasi CT akan dimulai kembali. Dan terdapat downtime atau CT tidak dapat diakses selama beberapa detik. Proses migrasi kali ini hanya membutuhkan waktu sekitar 20-30 detik. Karena CT sempat mati saat dipindahkan (migrasi), perlu diperhatikan apabila kita memiliki service penting yang sedang berjalan pada CT.

Nah, itulah pengujian migrasi CT pada Proxmox VE. Bisa, tapi agak berbeda dengan VM. Selanjutnya nulis apalagi ya?? Barangkali teman-teman ada saran. Sampai jumpa, bye~

Leave a Comment