UAS Kuliah

Udah Januari, waktunya UAS. Waktu terasa cepet banget, udah satu semester aja. Kali ini satu mata kuliah UAS secara offline dan tiga mata kuliah lain secara online. Yang offline ini mata kuliah Statistika Lanjut. Jadwalnya adalah hari Ahad, 28/01.

Malam hari sebelum ujian, saya belum juga belajar tapi malah main ke tempat kakak saya, sekeluarga. Buat makan malam. Rasanya kalo akhir pekan tuh saya sering pengen main. Balik lagi ke rumah udah jam 10 malam dan baru mulai belajar. Jangan ditiru ya teman-teman. Untungnya dosen udah siapin kisi-kisi dan contoh latihan soal untuk ujiannya.

image host

ilustrasi belajar. AI generated

Inget lagi pengalaman ujian sebelumnya, yaitu mata kuliah Statistika Dasar. Waktu itu saya rasa saya bingung banget dengan soalnya. Kayanya gak ada soal yang dijawab dengan baik. Pakai jurus “salin soal” biar gak terlalu kosong lemb ar jawabannya. Nah, untuk mata kuliah Statistika Lanjut yang akan diujikan keesokan hari ini saat jam kuliah juga saya tidak memahami konteks dan pelajarannya dengan baik. Saya takut ujian kali ini lebih parah dari ujian Statistika Dasar.

Lanjut mulai belajar, saya lihat soal-soal contoh yang diberikan dosen. Nomor 1, wah gak ngerti. Tapi saya tau ini udah pernah dibahas. Saya lanjut ke soal berikutnya. Sebenarnya dosen bukan hanya memberikan soal contoh, namun beserta penyelesaiannya. Untung dong. Saya pun gak mau kaya ujian sebelumnya yang mengandalkan jurus salin soal, at least ada satu atau dua soal yang bisa. Saya coba salin contoh soal dan jawabannya, tentu dengan cari tau “ini darimana-itu darimana”nya juga. Soal tersebut beres, dan ada dua contoh soal lain yang saya coba pelajari.

image host

ilustrasi kopi. AI generated

Saya ngerjain soal-soal tersebut juga sambil ngopi. Malem-malem ngopi, hal yang rasanya kurang bijak. Tapi, saya butuh boost buat belajar. Lumayan juga, bisa melek buat ngerjain soal. Waktu sudah menunjukkan pukul 1, dan saya sudah mengerjakan tiga contoh soal, waktunya tidur. Badan capek, tapi mata belum ngantuk. Tapi akhirnya bisa tidur juga.

image host

motoran. AI generated

Pagi harinya cuaca cukup mendung. Ujiannya pukul 9:45, bisa berangkat agak siangan. Orang tua nyaranin bawa mobil aja, biar gak kehujanan. Tapi saya pilih bawa motor, karena parkiran mobil udah penuh mulai jam 7 dan kalau bawa mobil dan berangkat dari jam 6 juga bisa sih, tapi sayang juga nunggu kelamaan buat ujiannya. Apalagi kalau waktu ujian gini parkiran lebih cepat penuh daripada biasanya. Badan rasanya gak enak maksain begadang. Sekitar jam 8 kurang saya berangkat, pakai motor.

Seperti akhir pekan biasanya, jalanan gak rame. Saya ke jalan raya lewat jalur Cibitung. Ketemu jalan raya mau mampir dulu di pom bensin dekat RSUD Kab Bekasi. Cek uang dulu, ternyata gak bawa duit di dompet, dan kalo di Pertamina bisa pakai kartu debit minimal 50 ribu. Wah motor saya 3 liter juga udah kenyang. Cari pom bensin lain deh, kayanya cukup sampai Bulak Kapal.

Sampai di dekat Bulak Kapal, mampir dulu ke pom bensin kerang. Transaksi berhasil. Lanjut berkendara lagi. Cuacanya gak panas tapi gak hujan juga. Enak.

image host

Lanjut, di simpang Unisma, saya pun lanjut berkendara lurus naik ke jembatan (Jl. Cut Mutia). Setelah itu baru sadar “Loh kok ga belok?”. Lebih cepat kalau putar balik di kolong jembatan kemudian lewat Jl. Chairil Anwar>Jl. Pengairan>Pintu Air>Kalimalang. Saya pun meneruskan perjalanan.

image host

Sampai di Pertigaan Pekayon, saya lihat ternyata banyak gedung yang makin tinggi. Sebelumnya saya lewat sini kayanya gedung apartemennya belum setinggi ini deh. Sambil nunggu lampu merah, saya juga liatin proyek tersebut. Ada crane beroperasi dan hitungin berapa tingkat gedungnya. Kayanya lebih dari 20an deh. Lampu hijau, lanjut jalan.

Di persimpangan Mall Metropolitan saya pun belok kiri ke arah barat, Jl Villa Raya. Tentu melewati Grand Metropolitan, tempat dimana kejadian videotron capres viral beberapa waktu lalu. Saya lihat videotronnya mati. Tidak tahu memang sedang kosong atau memang belum dinyalakan.

Perjalanan pun lancar, melewati jalur Kalimalang, jalur yang dilewati kawan-kawan saya di tulisan sebelumnya. Saya sempat bingung, perbatasan Jakarta-Bekasinya dimana sih. Dulu saya sempat mengira perbatasannya pas melewati kolong tol (Grand Kota Bintang), mungkin saya mikir ini karena di dekat Stasiun Cakung juga perbatasannya di dekat jalan tol. Pas saya tulis tulisan ini saya sambil cari tau, ternyata perbatasannya di daerah “Depkes”. Mulai masuk daerah Jakarta, atribut DKI Jakarta mulai banyak. Poster caleg juga sudah berbeda karena berbeda daerah pilih.

image host

Sepertinya mendekati wilayah Cipinang Melayu/Cawang masih jam 9 kurang. Masih banyak waktu sebelum ujian dimulai. Saya pun baru sadar kalau ternyata underpass persimpangan Cawang bisa dilewati ke arah selatan juga. Selama ini saya kalau ke arah kampus naik motor lewat atas terus. Saya pun tetap lewat atas karena terlanjur. Dan menikmati fitur lampu merah hehehe.

image host

Lanjut, di daerah Jl. Mayjen Sutoyo banyak mobil parkir, ternyata ada Gereja. Sampai di persimpangan PGC, saya tidak dapat lampu hijau, jadi menikmati fitur lampu merah lagi. Lalu lintas lancar, tapi mendekati kampus, seperti pada musim ujian sebelumnya, sudah penuh. Sampai kampus sekitar jam 9:15. Parkir motor warga sudah penuh, parkir resmi kampus masih banyak yang kosong. Parkir warga penuh mungkin karena banyak mahasiswa yang gak punya KUE (Kartu Uang Elektronik). Parkir resmi kampus cuma bisa pakai KUE Mandiri.

Saya gak buru-buru ke kelas karena waya rasa waktunya masih senggang, dan bisa buat ke belakang dulu. Saya dapat ruangan di gedung 8. Ternyata gedung yang dulu saya kira gedung 8 ternyata sebenarnya gedung 4. Wah, saya pikir “apa gedung 8 di kampus A ya??”. Saya pun coba jalan lagi ke belakang dan ternyata ada papan penunjuk ke arah gedung 8. Saya juga baru tau ternyata di belakang gedung 7 ada gedung 8. Untuk gedung 8 ini saya lihat masih satu tingkat. Menuju ke kelas, mulai rintik-rintik hujan. Banyak mahasiswa yang masih di ruangan kelas (mengerjakan soal) dan yang menunggu ujian. Saya pun ke belakang dulu.

Sekitar jam 9:40 saya masuk ke ruangan ujian, duduk paling depan. Pengawas datang gak terlalu lama. Soal pun dibagikan. Pas saya lihat, wah lumayan ada dua soal yang mirip sekali konsepnya (atau mungkin bisa dibilang persis) dengan contoh soal yang saya kerjakan semalam. Dan setelah dikerjakan, hasil akhirnya mirip dengan contoh soal. Wah, untung dong. Untuk dua soal lain saya masih menggunakan jurus lama, yaitu salin soal. Sebenarnya mirip juga dengan contoh soal yang gak saya kerjain. Tapi, waktu juga udah mepet banget. Batas waktu hingga 11:20 dan saya baru selesai 2 soal yang bisa saya kerjain di pukul ~11:15.

Segini dulu ya, nanti dilanjut di tulisan yang akan datang. Bye~

Leave a Comment