Gowes Jakarta

Hai semuanya, apa kabar? Kali ini saya mau cerita lagi. Kali ini tentang gowes, seperti yang saya bilang pada akhir tulisan kemarin hehehe.

Dari pekan lalu saya pengen gowes ke Jakarta. Seneng gitu gowes di Jakarta tuh. Walau pekan sebelumnya juga gowes ke Jakarta sih, tapi cuma nyampe Cakung (Klender Baru). Kali ini mau yang “beneran” Jakarta. Saat kepengen gowes sendiri, ternyata temen gowes ada yang ngajakin gowes ke Jakarta. Saya pikir, wah asik nih. Ga usah gowes sendiri.

Hari-H

Biasanya temen-temen udah kumpul di markas (baca: Gedung Juang Tambun) jam 6, dan siap gowes setengah 7. Namun, pagi itu saya nganter orang tua dulu karena ada acara. Pas balik nganter saya papasan sama salah satu temen gowes saya. Tiinn, saya klakson sambil buka kaca. Yang bersangkutan juga aware kalo itu saya sambil bilang “Ayo”. Saya bales “Iya nanti”. Saya pun lanjut pulang ke rumah, parkir, dan siap siap buat gowes. Makan juga hehehe.

Mungkin saya kelamaan, saya baru siap otw (gowes) sekitar jam 6:30. Saya juga gak ngabarin yang lain. Lanjutlah saya gowes.image hostĀ Sekitar jam 6:50 saya nyampe di Gedung Juang. Ada beberapa orang ngumpul. Saya pikir temen saya, ternyata bukan. Orang lain. Saya pun cek hp ternyata yang lain udah pada duluan. Ya sudah saya nyusul gowes sendirian.

Gowes seperti biasa, dan di persimpangan yang waktu itu (persimpangan yang sama saat saya bimbang di tulisan ini) saya gak tau mereka ambil jalur Kalimalang atau jalur rel kereta. Saya mikir kayanya mereka ambil jalur “nyusur rel”. Saya pun belok kanan (seperti pekan lalu). Sampai di bawah jembatan Summarecon Bekasi saya berhenti sebentar. Lihat suasana CFD sambil cek hp.

image host

CFD Bekasi

Ternyata belum ada balasan dari kawan saya. Saya update lagi live location saya jadi 1 jam (sebelumnya 15 menit). Saya pikir kayanya mereka masih di perjalanan deh dan lanjut gowes ke arah Jl. Sultan Agung.

Sampai dekat Stasiun/Pasar Kranji, hp saya bunyi. Wah ini dari si om kayanya. Saya minggir dan cek hp. Ternyata..

Mereka ambil jalur Kalimalang šŸ˜‚. Waduh, saya flabbergasted. Mereka lagi di minimarket checkpoint (minimarket langganan tempat istirahat kalau lewat jalur Kalimalang). Mau nyusul jauh juga, akhirnya kami sepakat ketemuan di Jakarta. Saat itu saya belum tau tikumnya dimana. Ke Jakarta dulu aja, pikir saya. Saya pun lanjut gowes, ke arah Jl I Gusti Ngurah Rai- Cakung.

image host

lumayan juga, kalo pake sepeda bisa setengah jam

Saya ngerasa gowes pagi itu cukup adem. Gak panas. Tapi anginnya itu, kenceng. Bikin goyang. Wah, gowes sendiri lagi ini mah- pikir saya. Sekitar jam 7:30 saya lewatin Stasiun Klender Baru, dimana saya “puter balik” pekan lalu hehehe. Kali iniĀ  saya lanjut lurus. Di masa kampanye ini banyak foto caleg yang dipasang di pinggir jalan. Termasuk Jakarta. Saya jadi tau berbagai caleg di dapil lain. Juga kayanya ada yang beda di Jakarta. Denger-denger kalo di Jakarta gak pilih caleg tingkat Kota ya? Langsung caleg DPRD Provinsi, DPR RI, dan DPD? Mungkin teman-teman bisa kasihtau saya kalo saya salah hehe.

image host

Saya juga lewatin perumahan mewah di jalur tersebut, Perumahan Bukit Podomoro. Bukan pomodoro. Bangunan bagian depan udah banyak yang jadi (di street view belum). Mewah, pasti mahal. Gak jauh dari perumahan itu lewatin minimarket “checkpoint” kalau lewat jalur ini.

Sampai juga di daerah Jatinegara. Cukup pegal, jadi lumayan sambil lampu merah bisa off saddle dulu biar peregangan dikit. Belok di Pasar Rawabening, mampir dulu sebentar buat istirahat dan cek hp. Temen-temen ke arah Jakpus atau kemana ya.. Biasanya mereka ke arah Monas sih, cari Bakmi dekat Pasar Baru. Saya cek hp dan temen saya share tikum. Ternyata di tempat yang belum saya “gowesi”. Daerah Jaksel, which is Jakarta Selatan. Saya liat jaraknya sih gak terlalu beda kalo ke arah Monas. Tapi saya ngerasa lebih nyaman/familiar kalo ke arah Monas (jelas hehe). Yaudah, sekalian juga nyobain jalanan baru. Saya hapalin rutenya sekilas, ke arah selatan dulu (Kampung Melayu) lanjut arah barat (rute susur tol dalkot Jakarta). Lanjut gowes.

image host

deket Pasar Rawa Bening

Di rute ini, setelah Terminal Kampung Melayu lumayan ada marka lajur sepedanya, walaupun bukan yang protected. Jarak ke tikum ibarat dari rumah saya ke Bekasi Kota, gak terlalu jauh pikir saya.Ā  Tiba juga di jalan MT Haryono. Sebenernya saya gak terlalu asing di jalur ini, dulu cukup sering kalo ngantor (pas di tempat lama) lewat sini. Tapi baru kali ini pake sepeda. Jalur ini juga terdapat line LRT. Saya juga belum pernah naik LRT. Kalo saya udah coba, kayanya saya tertarik untuk tulis disini.

image host

LRT Ciliwung

Ada stasiun LRT Ciliwung. Saya mampir dulu deh buat istirahat/minum. Letaknya persis di depan kantor Kemenkumham. Saya lanjut gowes lagi. Sepanjang jalan ini, saya rasa enak banget cuacanya. Adem, tapi anginnya cukup kenceng. Cukup jadi hambatan juga. Seru juga gowes di rute baru, tapi bingung mau nulis apa lagi. Ngeri juga kendaraan banyak yang kenceng di jalur ini. Ada jalur sepeda juga di jalan ini, walaupun unprotected.

Nyampe di Stasiun LRT Pancoran, istirahat sebentar dan foto juga. Saya sempet mikir, enak juga ya Jakarta, transportasi udah maju gini. Tinggal di Bekasi main ke Jakarta rasanya kaya ke luar negeri Jakarta. Banyak juga parkir sepeda yang disediain di sekitar stasiun. Tapi gak ada yang parkir. Hmm..

image host

LRT Pancoran

Lanjut gowes lagi, banyak banget gedung tinggi. Setelah dari Stasiun LRT Pancoran, lewatin gedung SMESCO. Juga Universitas Paramadina (tebak rektor 2007-2015). Menuju persimpangan dengan Jl. Rasuna Said, ada dua pilihan. Pertama, naik jalan layang atau kedua, lewat bawah. Saya kalau naik sepeda lebih pilih lewat bawah. Walaupun ketemu lampu merah, dibandingkan nanjak dulu (walaupun setelah itu dapet “bonus” sih) hehe. Di persimpangan ini saya sempet bingung, boleh lurus apa nggak ya. Soalnya lampu persimpangan arah panah kanan dan pas saya bawa mobil juga belok kanan. Saya liat marka lajur sepeda ada arah lurus, saya pikir berarti legal nih kalau lurus. Saya pun lanjut lurus ke arah barat (barat laut tepatnya).

image host

deket museum

Saya juga lewatin Museum Satriamandala. Dulu pernah kesini pas study tour SD. Udah lama banget. Terakhir saya ke Museum kapan ya?? (btw, Gedung Juang sebenernya museum juga loh). Saya juga lewatin kantor temen saya. Saya biasa fotoin dan kirim ke yang bersangkutan, buat lucu-lucuan aja hehehe. Makin deket nih ke tikum. Saya juga cek hp buat liat rute. Wah masuk ke pemukiman dulu, belok-belok. Gak bisa sekali liat langsung paham. Saya belok di dekat gedung Telkom Hub (dekat BRIN/LIPI). Dan di belakang gedung tersebut rupanya. Waw, perumahan “pro max” atau kompleks pemukiman super mewah. Saya pikir pasti bisa puluhan milyar ini harga rumahnya, atau bahkan ratusan. Dan saya lewat perumahan itu pake sepeda lipat biasa, bukan brommie. Tapi bersyukur aja, saya yakin sepeda yang saya pake sekarang adalah salah satu sepeda idaman orang lain diluar sana. Lanjut, ada juga spanduk warga yang tulisannya kurang lebih kaya gini “Kawasan ini tidak diperuntukkan untuk area komersil: kafe, restoran, dll”. Saya sempet mikir “wah ga bisa buka warung dong?”. Saya juga liat sepanjang pemukiman ini gak nemu kios atau warung kecil hehehe.

image host

kawasan komplek mewah- iya lah, komplek kementerian ternyata. hehehe

Belok-belok akhirnya muncul di jalan raya, saya cek wah udah deket nih. Tapi masa iya sih, ini daerah elite masa ada lapak makanan biasa? Ternyata ada gaes, tapi bukan di ruko/gedung kaya yang lain yaa. Saya ketemu dengan temen-temen saya, ternyata cukup banyak yang ikut. 6 orang. Saya kira cuma 3-4 orang aja yang ikut.

image host

persiapan lanjut gowes habis makan

Makan-ngobrol. Sambil cek jadwal kereta. Kali ini rencana pulang loading. Kata temen saya jadwal kereta sekitar jam 10:24. Saat itu masih sekitar jam setengah 10, masih agak lama. Masih senggang. Habis makan dan bayar kami pun lanjut gowes. Keliling dulu bentar mumpung masih agak lama waktunya. Kami lanjut gowes ternyata ke daerah SCBD. Daerah yang saya pikir mewah juga. Beda bangetĀ vibe-nya. Dan tiba juga di Jl. Sudirman. CFD ternyata masih berlangsung. Banyak yang olahraga. Lari, jalan santai, juga gowes. Jalanan selebar itu gak ada kendaraan bermotor (kecuali TJ ygy) wah asik buat gowes. Kami terus gowes ke arah barat daya dan muter balik di Bundaran Patung Pemuda Membangun. Masih sekitar 5-6 KM ke Stasiun Sudirman. Temen-temen saya kok gowesnya pada kenceng-kenceng ya. Sampai mlehoy saya, paling belakang. Lewatin GBK dan juga jembatan Phinisi. Oiya, di jalan ini saya liat sangat bersih dari alat kampanye. Saya liat masih ada beberapa yang nempel (caleg DPD) tapi overall gak ada. Mungkin aturannya beda ya? Hmm.

image host

riverview

Makin dekat ke Stasiun Sudirman, saya mampir dulu di riverview, atasnya Stasiun Sudirman Baru/BNI City. Foto dulu sebentar. Sampai di Stasiun Sudirman, ternyata salah satu dari kami berpisah. Ybs masih ingin keliling-keliling. Ya sudah, kami (sisanya) lanjut loading.

image host

prepare. lipet-lipet

Saat tunggu di peron saya pikir kami bakal langsung ambil kereta tujuan Cikarang. Tapi ternyata nggak. Temen saya bilang ambil yang arah Kampung Bandan aja. Muter sih, tapi biar bisa duduk. Memang kalo saya gowes sendiri, misalkan pulang pagi habis sif malem dan naik di Sudirman di akhir pekan, langsung ambil arah Cikarang via Manggarai lebih penuh.

Kereta datang sekitar 10:23 atau 10:24 gitu. Tepat waktu, kosong, dapet tempat duduk. Bener juga kata temen saya. Sepanjang perjalanan pun kereta gak penuh. Masih ada tempat duduk yang kosong. Saya sendiri gak tidur, nonton YT. Habis ngopi juga hehehe. Sampai Bekasi sekitar pukul 11-11:30an. Pas di Tambun, temen-temen saya pun turun, sempet ngajakin saya juga ke kedai Mie Ayam. Saya gak ikut dan lanjut ke arah Cibitung. Kereta sampai di Cibitung sekitar jam 12 tepat.

Akhirnya saya ke Jakarta lagi gaes. Gowes saya kali ini sekitar 45KM. Nanggung ya, gak nyampe 50KM. Itu dulu ya tulisan kali ini. Bye~

Leave a Comment