Permission di Linux – part 3

Hai semuanya, apa kabar? Sekarang kita lanjutin yuk. Masih tentang izin di Linux, kali ini kita pakai kode angka.

Kemarin kita sudah belajar tentang cara menambahkan atau mengurangi izin suatu file di Linux menggunakan kode huruf (r/w/x). Singkatnya kode huruf itu bisa diartikan seperti ini:

read (r) = 4

write (w) = 2

execute (x) = 1

Gimana tuh maksudnya? Sintaksnya gimana?

Misalkan kita ingin tambahkan izin r dan w untuk user, dan hanya r untuk grup dan other, kita gunakan perintah chmod u=rw,og=r. Nah, kalau sekarang kita coba gunakan kode angka.

Diatas kita lihat untuk read bernilai 4, write bernilai 2, dan execute bernilai 1. Maka, untuk read+write kodenya adalah 6. Sedangkan untuk read saja berarti nilainya adalah 4.

Penulisannya chmod <digit 1=user><digit 2= group><digit 3= other> <nama file/direktori>

Jadi, untuk contoh diatas, penulisannya adalah chmod 644 <namafile>. Kita coba untuk terapkan pada file dengan nama filebaru:

[user@webmail ~]$ chmod 644 filebaru
[user@webmail ~]$ ls -l filebaru
-rw-r--r--. 1 user user 0 Jan 15 13:34 filebaru
[user@webmail ~]$

Perintah yang kita lakukan berhasil diterapkan dan saat dicek, izin pada file tersebut sesuai dengan yang kita inginkan.

Yuk kita coba lagi untuk latihan!

Kita coba buat izin filebaru, user memiliki semua akses (rwx), grup hanya read dan write, sedangkan other hanya memiliki akses read.

read+write+execute= 4+2+1 = 7

read+write= 4+2 = 6

read= 4

Maka, kode yang digunakan adalah 764. Kita coba terapkan dan selanjutnya cek izin file tersebut.

[user@webmail ~]$ chmod 764 filebaru
[user@webmail ~]$ ls -l filebaru
-rwxrw-r--. 1 user user 0 Jan 15 13:34 filebaru

Berhasil. Kita lihat izin yang ada pada filebaru sudah sesuai dengan yang kita inginkan, yaitu semua akses untuk user, read dan write untuk grup, dan hanya read untuk other.

Nah, kita sudah belajar sama-sama terkait cara merubah hak akses atau izin dari suatu file menggunakan kode angka. Ini sebenarnya ada kaitannya dengan sistem bilangan. Kayanya menarik juga kalo saya tulis tentang macam-macam sistem bilangan. Kaya biner, oktal, heksadesimal. Mungkin lain kali ya? Hehehe. See you on the next posts, Bye~

Leave a Comment