Gowes Pagi 14/01

Pagi 14/01 saya gowes. Kesiangan, sekitar jam 7:30 baru jalan. Karena bimbang mau gowes atau nggak karena semalem baaru tidur sekitar jam 1. Sebelumnya mau rencana gowes ke Jakarta tapi dari pagi, biar nyampe Jakarta gak terlalu siang.

Bimbang, saya pikir jalanin dulu. Masih mikir jadi ke Jakarta apa gak usah. Sambil gowes saya pikir rencana nyampe Stasiun Bekasi aja lanjut pulang ke rumah (loading).

Jalanan lancar karena akhir pekan. Di Jalan Raya Hasanudin (Tambun/Pantura) di akhir pekan sering liat rombongan pesepeda road bike ke arah timur. Saya ke arah barat. Nyampe di pom bensin Tambun saya minggir dulu. Buat minum dan keingetan absen kuliah (download materi).  Lanjut perjalanan lagi.

Sempet kepikiran juga sebelumnya, apa gowes ke Grand Wisata aja ya? Tapi saya tetep gowes ke arah barat. Lewatin Gedung Juang, tempat ngumpul saya dengan kawan-kawan gowes yang lain. Mereka (beberapa) hari ini udah gowes duluan ke arah Timur (Karawang) nyari Sate Maranggi. Saya sebenernya pengen juga ngerasain gowes ke arah timur (Karawang) tapi gak dulu deh, jarak sekali jalan ~50an KM, ada sih kereta (lokal) tapi kan gak sefleksibel KRL/Commuterline, dan teman-teman saya lebih sering gowes PP.

Sepanjang perjalanan ke arah Bekasi juga ketemu dengan pegowes lain, baik arah timur ataupun barat. Dulu pas masih covid saya inget banyak banget yang gowes, sekarang udah berkurang banget. Mungkin minat gowes udah turun dan sibuk ke rutinitas seperti sebelum covid.

Sampai di underpass Bulak Kapal. Lewat atas. Kalo lewat bawah kan harus nanjak lagi jadi saya pilih lewat atas hehehe. Sepanjang perjalanan ini kurang lebih tidak ada yang “wow” untuk diceritakan, jadi saya juga bingung mau nulisnya gimana hehehe.

Mendekati lampu merah persimpangan Jl. Sersan Aswan, saya sempet bingung mau lurus atau belok kanan. Saya juga punya rencana lain, tetep ke arah Jakarta (jalur “nyusur rel”), nyampe Stasiun Bekasi kalau capek pulang, kalo masih kuat, lanjut. Akhirnya saya pun belok kanan di persimpangan Jl. Sersan Aswan, paling depan. Gak dapet lampu hijau soalnya hehehe.

Mumpung kepikiran pas nulis, saya juga keingetan tentang jalur sepeda. Jelas bagi pesepeda harian (non rb) sangat diuntungkan dengan adanya jalur sepeda, apalagi kalau yang terproteksi kaya di Jl. Sudirman-Thamrin Jakarta. Kayanya ruas itu jalur sepeda terbaik di Indonesia. Saya juga liat semenjak di Jakarta dibangun banyak jalur sepeda, kota-kota lain pun mulai “semangat” bikin/upgrade jalur sepeda. Kaya di Bandung, Bogor, juga Bekasi (kota). Walaupun di Bekasi ini jalurnya cuma berupa “lajur yang dicat” hehehe. Tapi lumayan artinya pemerintah gak terlalu “bodo-amat” sama pesepeda.

Walaupun, di Jakarta juga dimana jalur sepeda lebih baik daripada di Bekasi, apabila di waktu biasa atau jam commute, saya lihat masih sedikit yang pakai jalur sepeda. Masih sedikit yang bike to work. Jadi, jalur sepeda terkesan sebagai hal yang sia-sia ataupun malah bikin macet. Pas saya kerja di Jakarta dulu juga sepanjang jalur Salemba pas rush hour, gak sedikit pemotor yang ambil jalur sepeda. Di satu sisi pemerintah bikin fasilitas buat akomodir dan promote bersepeda, namun di sisi lain juga dianggap bikin macet dan masih sedikit yang pakai. Hmm. Menurut pengalaman saya pake jalur sepeda di Jl. Salemba juga jalur sepeda melewati “manhole” yang jumlahnya cukup banyak. Kurang nyaman juga jedug jedug lewatin manhole, perlu swerving biar gak lewatin manhole.

Balik lagi ke cerita perjalanan, cerita apalagi ya. Oiya, pas di jalan Dewi Sartika saya liat ada acara nikahan. Saya juga sering papasan dengan mobil pengantin kalau gowes di akhir pekan. Ikut seneng liatnya kalo ada yang nikah. Saya kapan ya? Hehehe.

Muncul di jalan Ir. H. Juanda. Menuju ke persimpangan Jl. RA Kartini. Berhenti karena lampu merah. Dari lawan arah saya liat ada pegowes, pake sepeda lipat. Saya liatin, lah kok mirip. Ternyata temen komunitas saya. Untung si om juga liat saya wkwkwk. Dia arah pulang, saya masih perjalanan ke tujuan hehehe.

Terus gowes ke arah Barat. Nyampe juga di daerah Alun-Alun/Bulan-Bulan. Saya minggir dulu dan ada pesan dari dosen buat absen/download materi. Untung saya udah absennya. Dan saya juga mikir, lanjut ke Jakarta aja deh, tapi sekuatnya aja. Karena jalur yang saya lewatin juga “nyusur rel”, jadi gak terlalu jauh dari tiap Stasiun. Kalo capek tinggal belok dan loading hehehe.

Menuju ke Jl. Ahmad Yani, saya liat ternyata masih ada CFD. Nah, saya kepikiran lagi mau CFDan atau lanjut ke Jakarta. Akhirnya saya pilih lanjut ke Jakarta karena dari pekan lalu udah rencana pengen gowes ke Jakarta.

Lewatin jalan Kranji (Sultan Agung) saya lihat masih banyak proyek di tengah jalan. Saya kurang tau proyek apa, tapi dari tahun 2022 sudah ada. Juga lewatin Grand Mall. Saya penasaran belum pernah kesana.

image host

Nyampe juga di deket Stasiun Kranji. Saya ambil jalur yang bawah. Waduh hancur gaes, banyak lubang dan becek. Jadinya nyipride tipis-tipis. Kemudian masuk ruas jalan I Gusti Ngurah Rai. Di ruas ini juga ada proyek juga, tapi kalo yang ini seliat saya dari dulu ada kaitannya dengan SPAM Jatiluhur. Apa ini proyek yang sama dengan proyek di Jalan Sultan Agung tadi? Dunno. Proyek ini bikin lalu lintas ke arah timur pakai jalur arah barat. Gak sepanjang ruas sih, hanya beberapa bagian saja.

Nah, inget jalan ini keingetan juga insiden laka saya di tahun 2022 lalu. Kayanya dulu saya pernah cerita deh, tapi saya ceritain juga disini sedikit.

Waktu itu saya masih kerja di tempat lama, sif malem pulang pagi. Nah, saya kayanya juga kurang tidur tuh tapi maksa pengen tetep bike to home. Jalan dari kantor sekitar jam 8. Nyampe jalan I Gusti Ngurah Rai saya mulai ngerasa haus dan pengen nyari tukang minuman. Saya gowes sambil liatin pinggir jalan. Siapa tau ada yang jual minuman.

Mungkin saya ngantuk, jari tangan kiri saya tiba-tiba ngerem mendadak. Saya pun jatuh jumpalitan. Saya pun minggir, lupa waktu itu kayanya ada juga yang nolongin deh, pengendara motor. Tapi saya kurang inget juga. Saya kontak (info) di grup gowes dan untung ada temen yang kerjanya gak jauh dari TKP. Dia nyamperin saya dan nganterin saya ke Stasiun Cakung. Untungnya juga di Stasiun Cakung ada posko kesehatan.

Balik lagi ke masa kini. Setelah inget insiden tersebut, gak lama di depan saya ada motor dari arah berlawanan belok masuk ke arah selatan. Waduh, panik saya. Ngerem, ban sempet ngunci. Tapi Alhamdulillah masih selamat. Masih bisa dikendaliin dan gak jatuh. Fyuhh.. hampir aja insiden lagi.

Mendekati Stasiun Cakung sempet mikir, pulang disini apa lanjut ya. Saya akhirnya tetep lanjut, tapi minggir dulu sebentar. Jembatan tol yang ada di dekat Stasiun Cakung juga sebagai penanda perbatasan antara Bekasi dan Jakarta.

image host

Akhirnya saya kepikiran buat gowes nyampe Stasiun Klender Baru aja, lanjut pulang. Dan jembatan di depan Stasiun Klender Baru yang kalo gak salah dibangun dari tahun 2022 udah jadi dan bisa dipake. Wah enak nih. Agak PR soalnya kalo angkut-angkut sepeda di Stasiun wkwk. Ada liftnya. Jembatannya juga bagus keliatannya, jadi saya foto juga deh hehehe.

Gak lupa saya pun cek jadwal/posisi kereta di aplikasi. Ternyata ada yang arah Cikarang beberapa menit lagi. Sekarang kereta lintas Cikarang udah banyak. Tiap sekitar 5-20 menit sekali kayanya hampir ada. Gak kaya dulu pas lintas Cikarang baru dilluncurkan 2017 akhir (atau 2018 ya?). Waktu itu saya masih kuliah di Bogor. Sering pake kereta juga. Waktu belum ada lintas Cikarang artinya harus naik dari Stasiun Bekasi. Waktu pertama rilis juga lintas Cikarang keretanya masih langka. Masih sekitar sejam sekali.

Saya tap-in pake aplikasi Gojek (GoTransit). Praktis. Dan diinfoin bahwa kereta tujuan Cikarang bentar lagi nyampe. Wah kayanya harus agak cepet nih. Untung ke arah peron ada lift juga. Keluar lift, pas banget pintu kereta baru aja dibuka. Metro 6000, salah satu favorit saya kalo lagi bawa sepeda hehehe. Kereta arah Cikarang cukup sepi di akhir pekan. Tapi sebaliknya, arah Jakarta penuh dari yang saya lihat. Akhir pekan=picnic time. Rame kereta kalo akhir pekan arah Jakarta. Banyak bocil wkwk.

image host

di lantai atas stasiun klender baru

Nyampe juga di Stasiun Bekasi. Disini kereta berhenti sekitar 5 menitan. Di peron buat arah Jakarta saya liat banyak banget keluarga/orang-orang yang nunggu kereta arah Jakarta. Saya juga kepikiran, kayanya seru piknik sekeluarga naik KRL. Soalnya saya belum pernah piknik bareng keluarga pake KRL.

Kereta lanjut jalan ke arah timur dan tiba juga di Stasiun Cibitung. Saya nyampe rumah sekitar jam 10. Gak terlalu siang.

That’s my story, see ya!