Test Drive Cisumdawu dan Gowes lagi [part 2]

Pagi hari (7/1) itu saya masih mikir-mikir. Mau gowes apa nggak ya. Setelah sepekan kurang tidur, perjalanan kemarin, masih lanjut nugas pas nyampe Majalengka bikin badan ini gak begitu semangat buat gowes. Makin lama makin siang dan saya belum pasti mau gowes apa ngga. Di satu sisi males, tapi di sisi lain udah bawa sepeda masa gak dipake. Sudah jam setengah 7 saya pun siap-siap keluarin sepeda dan isi air minum. Kali ini saya lupa bawa helm, jadinya kurang pede gowesnya.

image host

Mulai jalan sekitar 6:50an. Lokasi saya nginep (rumah uwa saya) cukup lebih tinggi daripada daerah pusat Majalengka. Jadinya kalo gini bisa dibilang pergi santai (turunan) pulang capai (nanjak) hehehe. Majalengka gak kaya di Bekasi, dimana kalo di Bekasi yang saya rasain lebih banyak yang rata. Minim elevasi. Lain halnya kalau di Majalengka. Walaupun sebenarnya kalo dipikir-pikir gak terlalu ekstrim sih, masih sangat wajar. Sayanya aja yang gak biasa nanjak hehehe.

image host

Saya lewatin Jl KH Abdul Halim. Jalan raya Majalengka. Pusat pemerintahan dan tempat populer kebanyakan ada disini. Hampir full turunan ke arah barat. Gowes pun jadi menyenangkan hehe. Saya lihat juga ada beberapa orang yang gowes. Tapi gak terlalu banyak. Di rute tersebut juga melewati Alun-alun Majalengka, Taman GGM (Gelanggang Generasi Muda-banyak yang olahraga/jualan disini), juga Taman Raharja Munjul (yang ada pesawatnya).

image host

Di bunderan “Universal” Majalengka saya stop dulu. Mikir rute mau kemana. Saya pun mikir mau ke daerah Babakan Jawa, terus balik ke jalan raya (KH Abdul Halim), terus pulang. Dan saya lanjut gowes rute tersebut.

image host

Lumayan juga rutenya (bagi saya), nanjak +40an meter. Tapi saya pikir kalo segini mah masih bisa. Saya pun lanjut gowes. Lewatin pemukiman yang rasanya enak kalo tinggal disana. Adem, rumah gede, gak rame lalu lintas, tapi juga gak jauh dari kota dan akses masih gampang. Banyak kafe-kafe “estetik” dan juga saya liat di pinggir jalan masih banyak ibu-ibu yang jual surabi tradisional, yang pake tungku gitu. Kesukaan ibu saya ini mah wkwk.

image host

Lanjut gowes, di deket Alun-Alun dibelokin ke arah selatan karena dari arah timur ke barat satu arah. Lanjut lagi ke arah Timur, Jalan Letkol Abd. Gani. Disini ternyata kompleks pemerintahan Kabupaten Majalengka. Ada masjid juga disitu, saya parkir dan minum dulu sebentar. Bentuk masjidnya unik, kaya bunga.

Mulai cukup panas tapi masih enak karena masih banyak pohon. Saya lanjut gowes ke arah timur. Lumayan capek juga. Gowes udah sekian lama saya pikir kok makin nanjak banget, dan kenapa jauh banget rasanya ketemu jalan raya. Saya mikir kayanya saya salah ambil rute deh. Soalnya saya gak cek map lagi pas gowes.

image host

Capek banget. Istirahat minum dulu sambil absen (ternyata udah mulai kelas boost juga- hari minggu masuk online buat absen dan unduh materi). Juga cek map. Bener dugaan saya, saya salah ambil jalan. Makannya kok kerasa jauh banget dan capek. Nanjak terus soalnya. Saya berhenti di deket Lapangan Bola Sindangkasih. Rute rencana saya ambil arah utara di Jl Olah Raga menuju Jl Raya KH Abdul Halim. Ternyata saya lanjut bablas, karena saya pikir sebelumnya “nanti mentok belok kiri ke jalan raya”.

image host

Udah gowes sekitar 3 km. Sempet bingung juga, mau puter balik atau lanjut cari jalan lain. Saya cari jalan lain (yang gak muter balik) ternyata masih nanjak lagi sekitar 1,3 km ke arah Timur. Dan nanjak sekitar +60 m. Saya lanjut ke ke arah timur, walaupun nanjak tapi saya pikir sekalian nemuin jalan baru hehe. Tentu dengan TTB (tuntun bike) dan stop buat minum dulu.

image host

Patokan saya Balai Desa Kulur. Masih 1,3 KM lagi. Kalo di jalan datar ya gampang. Ini nanjak juga (gampang juga sih kalo menurut pegowes yang jauh lebih pro dari saya hehe). Lanjut. Sambil liat suasana desa yang jarang saya temuin di Bekasi, seperti sawah hijau luas.

image host

Saya di tahap ini (seingat saya) sudah mulai TTB nyampe ke arah Balai Desa. Saya jadi inget perkataan beberapa goweser yang pernah saya liat di FB/Medsos. Lebih baik diketawain temen daripada ditangisin keluarga. Artinya, kalo udah “mlehoy” lebih baik TTB saja daripada maksain gowes biar jaga gengsi, tapi bisa aja kena serangan jantung. Walaupun saya kali itu gowes sendirian, tapi saya gak mau maksain dan pilih TTB.

Menjelang sampai di Balai Desa Kulur, saya liat suatu spot yang menarik. Taman Ekalaya namanya. Diatas bukit. Menarik banget kayanya. Yaudah saya minggir dulu, mampir buat foto. Indah (tapi sayang ada sampah juga huhu).

image host

Disana juga ada tukang jualan makanan, saya sempet mikir mau jajan dulu apa nggak ya. Akhirnya saya lanjut gowes. Gak jauh dari situ, sampai juga di Balai Desa Kulur. Terus mulai turunan dari sana. Lewatin jembatan yang melintasi sungai yang cukup besar (saya gak tau nama sungainya)

image host

Selepas lewat jembatan, nanjak dikit. Ternyata ada kebun jagung. Wah menarik nih buat foto, sayapun parkir dan foto sebentar.

image host

Gak jauh dari cornfield ternyata udah nyampe Jalan Raya Majalengka-Cikijing. Majalengka ke arah kiri (utara), Cikijing ke arah kanan (selatan). Jalan raya lintas Kabupaten, turunan, gak pake helm. Ngeri bro. Kendaraan juga cukup kenceng di jalanan ini. Tapi, asik juga setelah nanjak plus TTB, akhirnya dapet turunan (biasa juga disebut “Bonus” oleh para pesepeda). Pemandangannya asik juga, hutan. Seperti biasa, parkir dan foto dulu hehehe.

image host

Turun terus nyampe Bundaran Cigasong. Sekitar 2,3 KM turun (elevasi) sekitar 90 m. Naik lama turun cepet hehehe. Dari Bundaran Cigasong gak terlalu jauh. Hari itu saya gowes sekitar 17 KM. Tapi rasanya jelas berbeda dengan gowes 17 KM di Bekasi. Gitu dulu deh, bye~

image host

Leave a Comment