Test Drive Cisumdawu dan Gowes Lagi [part 1]

Hi all

Saya udah jarang banget gowes. Terakhir bike to work juga bulan 08/2023. Gak total berhenti gowes sih karena kalo sekadar gowes jajan atau keliling komplek mah masih hehe.

Mulai dari bulan 11 atau 12/2023 mulai kepikiran, kenapa gak gowes rutin lagi ya. Walaupun gak bike to work tapi lumayan juga kalo pagi-pagi sekitar jam 6 gowes dulu keliling komplek atau yang jauhan dikit. Rencana aja tapi gak jadi-jadi.

Menjelang masuk 2024 di tempat kerja juga diminta untuk tulis personal goal di 2024. Saya tulis aja ingin kembali konsisten gowes. Tapi sama juga, belum jadi-jadi gowes rutinnya.

Akhir pekan kemarin (7-8/01/2024) saya dan keluarga ada acara undangan di Bandung, lanjut ke Majalengka untuk ada acara keluarga. Bawa sepeda juga hehe. Sekalian jadiin rencana gowes yang gak jadi-jadi.

Perjalanan ke Bandung gak saya ceritain karena saya pikir gak terlalu menarik untuk ditulis disini.

Jam 4 sore, 06/01 saya sekeluarga otw dari Bandung ke Majalengka. Dulu pas belum ada Tol Cisumdawu, dari Bandung ke Majalengka lewat Sumedang dan tentunya jalanan legendaris, Cadas Pangeran. Semenjak ada Cipali juga saudara yang tinggal di Bandung lebih pilih via Cipali kalau ke Majalengka. Semenjak punya mobil ini di tahun 2017 sampai sekarang pun belum keturutan nyetir di Cadas Pangeran.

Hujan rintik-rintik di sore itu. Siangnya sempat hujan cukup deras. Jalanan menuju tol M. Toha sangat macet. Ada sekitar setengah jam kena macet. Pas masuk tol ke arah timur (Cileunyi) lancar. GT Cileunyi, exit belok kiri buat yang pengen ke Tasik atau Garut. Lanjut lurus untuk Cisumdawu. Baru kali ini saya coba tol ini.

image host

kalo ini kayanya Gunung Geulis

Masuk ruas Tol Cisumdawu, disambut dengan pemandangan Gunung Manglayang yang menjulang tinggi. Pada saat ini, cuaca sudah sangat mendung. Gelap banget. Selama awal ruas tol saya bawa mobilnya pelan, 60kph. Nikmatin pemandangan, indah banget. Cipularang/Purbaleunyi juga sebenarnya cukup indah, tapi mungkin karena sering lewat jadi gak begitu “wow” hehe.

Selanjutnya tiba di spot yang cukup viral juga. Twin Tunnel. Yang beberapa waktu belakangan muncul di media karena katanya retak. Saya gak kepikiran hal tersebut pas lewat. Jarak terowongannya gak jauh sih, cuma 500m. Jalanan sepanjang tol ini cukup menarik, belok-belok. Ya, karena melewati area perbukitan.

image host

tunnel

image host

jarak

Di tengah perjalanan, makin lama makin gelap. Dari awal masuk Cisumdawu juga cek spion keliatan gelap banget ke arah belakang. Hujan pun turun. Deras. Kabut juga turun. Jarak pandang sangat berkurang. Kayanya cuma bisa keliatan nyampe 100m, itu juga kurang jelas. Pengendara lain pun banyak yang nyalain lampu hazard juga. Saya sering liat informasi di internet termasuk dari trio vlogger otomotif (kayanya tau lah ya hehehe) banyak disaranin kalo hujan ya gausah nyalain hazard. Nyalain lampu utama aja. Karena, dengan nyalain hazard, fungsi lampu sign jadi kepake tuh kiri-kanan. Jadi kalo belok gimana? Hehehe.

Kaya di jalan tol lain, sepanjang ruas yang bukan tempat peristirahatan atau persimpangan gak ada lampu penerangan. Ngandelin lampu dari mobil paling. Makin lama intensitas kabut mulai berkurang. Pengalaman yang wow tapi ngeri juga sih hehehe.

Nyetir lama-lama mulai ngantuk juga. Kayanya juga karena sepekan belakangan saya kurang tidur. Ngerjain paper tugas kuliah. Kayanya rasa ngantuk lebih cepet dateng daripada biasanya. Dan ada rest area mini (sepanjang Cisumdawu yang saya lihat baru ini saja), saya mampir masuk, drive by, lanjut masuk tol lagi. Lumayan ternyata gini tuh (ubah ritme berkendara) bikin gak ngantuk (ya tapi kalo mau enak ya full istirahat). Lanjut lagi.

Udah arah Majalengka, saya ambil exit Cisumdawu Jaya (saya agak lupa), bukan lanjut ke Cipali>Kertajati. Karena nambah 20rb lagi dan jarak ke tujuan (Majalengka Kota) gak terlalu beda jauh. Setelah exit, masuk jalanan “kampung” yang gak terlalu luas. Inilah jalanan Bus Bekasi-Majalengka dulu sebelum ada Cipali (Widia, Bintang Sanepa, dll). Muncul di Tomo, pertigaan kalau ke arah Barat itu ke arah Bandung via Sumedang (Cadas Pangeran, non tol) dan arah selatan menuju Majalengka. Sampai di Majalengka (kota) sekitar jam 7 malam. Lumayan cepet juga. Dulu kalau naik Bus (Bhineka/Sangkuriang) dari Bandung ke Majalengka bisa lebih dari 4 jam, apalagi dulu saya “menjalani” rute tersebut pas masa lebaran. Wah.

Lanjutin lagi di tulisan lain ya. Bye~

 

 

Leave a Comment