Mini PC (Intel NUC) – my experience and personal story

Hai semuanya, kali ini saya mau berbagi pengalaman aja. Kali ini terkait Mini PC. Saya mulai banyak melihat Mini PC saat kerja di tempat sebelumnya; di ruang NOC banyak melihat rekan kerja set-up atau perbaiki Mini PC tersebut. Seingat saya mini PCnya Intel NUC.

Saat pindah ke tempat kerja sekarang (excellent.co.id), ternyata kantor juga punya beberapa Intel NUC. Pas awal kerja dulu (bulan pertama kalau tidak salah), saya diminta oleh boss untuk cek NUC yang ada. Ternyata ada beberapa yang masih hidup, dan ada juga yang mati total. Saya juga diminta untuk “ngakalin” karena ada NUC dengan OS Windows tapi passwordnya lupa. Saya cari di Youtube ternyata ada caranya. Ngakalin fungsi suatu tombol biar bisa bypass dan reset password. Sangat berguna kalo kita lupa kata sandi. Tapi bahaya juga kalo dimanfaatin sama pihak-pihak yang jahat.

Beberapa bulan yang lalu, saya diminta untuk belajar Proxmox VE. Dan diberikan fasilitas untuk menggunakan salah satu NUC yang ada. Dibandingkan PC konvensional (tower), NUC jelas jauh lebih ringkas. Apalagi dipadukan dengan wireless keyboard & mouse. Jadi minim kabel. Paling hanya kabel power (monitor dan NUC) serta kabel display. NUC juga bisa dipasang pada sebagian besar monitor karena biasanya pada monitor ada dudukannya di bagian belakang. Jadi keliatan seperti all in one PC. Hehehe.

Beberapa waktu yang lalu, saya diminta untuk set-up tambahan NUC untuk pengujian Clustering dan High Availability dengan Proxmox VE. Saya ingat masih ada beberapa NUC yang (saya pikir) masih bisa digunakan. Ya, satu berfungsi (yang waktu itu saya akalin Windowsnya) dan satu lagi saya cek masih bisa nyala.

Tapi.. Beberapa saat dalam proses instalasi… Mati. Saya coba lagi, mati lagi. Saya pegang, panas banget. Kayanya overheat deh. Saya tunda dulu untuk pengujian HA dan hanya lakukan pengujian clustering (clustering pada PVE bisa untuk dua nodes) dan menghubungkannya ke shared storage.

Saya diinfoin lagi untuk cek NUC lainnya. Dan ternyata NUC yang lain lebih parah kondisinya. Nyala (kipas kedengeran muter) tapi no display. Saya pun diminta manager buat bawa ke BCP (Bekasi Cyber Park) untuk diservice.

Senin lalu saya bawa dua unit NUC ke BCP untuk diservice. Satu yang overheat dan satu lagi yang no display. Saya tiba di BCP dan liat liat keliling toko laptop ternyata udah banyak toko yang display Laptop Advan. Cukup banyak. Saya pun merasa cukup senang akhirnya merk laptop lokal bisa seperti ini. Sejauh ini saya juga puas menggunakan WorkPlus sehari-hari.

Saya muter-muter sambil liat-liat laptop dan hp apa aja yang banyak dijual di BCP. Juga nyari tempat service buat NUC ini. Biasa, kalau ke toko seperti ini pasti banyak yang menawarkan untuk mampir hehehe. Saya sejujurnya kurang “lancar” kalo komunikasi dengan orang lain yang belum dikenal, kaya gak-enakan juga kalo misalkan nanya-nanya doang di toko komputer atau elektronik. Dan saya prefer toko yang juga sediain poster yang ada daftar harganya. Jadi saya bisa liat-liat harganya tanpa melakukan interaksi (yang biasanya cukup awkward) dengan pegawai toko. Hehehe.

Oiya, susunan dari BCP itu:

Lt. 3: foodcourt

Lt. 2: komputer, laptop, printer

Lt. 1: hp dan aksesorisnya

basement: toko baju dan swalayan

Saya keliling-keliling, banyak kios reparasi yang ada. Bingung juga sih. Lalu, saya liat ada kios yang saya liat peralatannya cukup banyak. Saya tanya-tanya dan akhirnya diterima. Tapi untuk pengerjaan gak bisa langsung. Estimasi 1-2 hari. Dan juga belum bisa estimasi biaya.

Saya ditanya masalahnya apa. Saya bilang yang satu overheat dan satu lagi no display. Cek sebentar, akhirnya NUC nginep dan dikasih nota dan kontak untuk pengambilan nanti.

Masih di BCP, saya sekalian liat-liat HP sebentar. Liat-liat Samsung A34/A54. Minat juga soalnya saya sekarang pake A50s dari 2019. Udah 4 tahun. Ini kayanya pertama kali saya pake HP se-lama ini. Biasanya dua tahun sekali ganti. Dulu emang lebih sering beli hp low end dan pas coba yang agak mahal (A50s) ternyata bisa dipake sejauh ini. Memang sering harga berbanding lurus dengan kualitas.

Hp saya sekarang masih bisa digunakan. Tapi, ada beberapa problem sejauh ini.

Layar: Amoled tapi rasa layar biasa. Rusak, jarang bisa nampilin true/full black. Jadi masih keliatan kaya backlight gitu pas nampilin gambar hitam. Dan kaya ada flicker gitu. Kayanya karena saya pake kabel non original pas charge di mobil.

Gak bisa getar. Saya sadarnya pas ada notifikasi (mode silent) kok gak ada getar di hpnya.

Tombol power macet. Ini udah agak lama. Tadinya dengan ekstra tenaga masih bisa dipencet, sekarang kayanya full udah gak bisa dipencet sama sekali. Buat unlock/lock hp ngandelin double tap. Pernah suatu waktu pengen taro hp di bagasi motor (this isn’t a recommended thing), biar lebih aman dimatiin sekalian (power off) dan juga udah low baterry. Pas nyampe rumah, langsung charge. Baru nyadar hp ini tombol powernya bermasalah. Aduh.. Cari cara di YT ternyata masih bisa diakalin dengan colok ke komputer.

Sempet kepikiran, kenapa gak beli sparepart aja dan pasang sendiri. Dulu saya pernah pake Redmi 4x, sensor sidik jari bermasalah, dua kali. Dan dua kali tersebut saya bongkar-pasang sendiri. Modul getar dan tombol power kayanya gak terlalu mahal. Kalo layar gak dulu, amoled kan mahal. Tapi kaya males juga. Mau servis kayanya lebih mahal dari bongkar-pasang sendiri. Akhirnya gak jadi keduanya.

Habis dari toko hp, saya lewat di salah satu kios aksesoris komputer. Tertera (ini yang saya apresiasi) berbagai barang (aksesoris) dan harganya. USB hub 2.0 25k dan Mouse Pad 10k. Saya emang lagi butuh barang tersebut. Mikir-mikir lagi. Kalau beli online harganya gak beda jauh dan bisa lebih lama pengirimannya. Saya bingung dan saya putuskan lanjut perjalanan kembali ke kantor.

Selasa. Saya tanya pihak kios ternyata masih belum selesai.

Rabu. Saya tanya pihak kios, sudah ada update. NUC yang overheat sudah diperbaiki dan sudah berfungsi dengan normal, tapi NUC yang satu lagi lebih parah kendalanya. Biaya 700k per NUC. Mahal juga ya hehe. Tapi ilmu juga mahal, dan bayarnya juga pakai dana kantor bukan dana pribadi saya hehe. Lanjut saya ke BCP untuk ambil barangya.

Tiba di BCP, sambil keliling liat-liat yang dijual di BCP. Saya mampir lagi ke toko aksesoris yang saya bilang sebelumnya. Akhirnya saya mampir dan beli barang tersebut hehe (pake uang pribadi kok bukan uang kantor hehe). Lanjut ke kios tempat service. Dikasihtau yang punya toko (dan saya juga liat sendiri) NUC satu lagi masih dibongkar dan masih testing. Chit-chat dikit tentang kondisi dan kendala barang. Bayar, infoin manager, balik ke kantor lagi.

Testing dan sebagainya. NUC-nya udah bisa lagi. Gak overheat lagi.

Hari Jum’at diinfoin sama pihak kios kalau barangnya sudah selesai. Jum’at siang turun hujan yang cukup lebat. Ragu juga mau lanjut ambil ke BCP atau nggak. Mau lanjut ke BCP, pas cek bagasi motor ternyata jas hujan belum masuk ke bagasi. Jadinya saya info lagi ke pihak kios kalo saya ambil barangnya di Senin.

Saya nulis ini di hari Senin (11/12) dan belum ambil barang tersebut. Kemungkinan nanti siang akan saya ambil. Dan kelanjutannya akan saya tulis di tulisan yang akan datang. Bye~

Leave a Comment