Pengantar Teknologi Informasi

gambar 1 – ilustrasi (foto oleh Stephen Dawson-Unsplash)

Hai semuanya, apa kabar? Kali ini saya mau nulis lagi. Jujur saya bingung mau nulis apa. Karena kayanya udah sering banget nulis yang ada hubungannya dengan Proxmox. Mau nulis tentang keseharian juga bingung. Yaudah saya nulis rangkuman mata kuliah juga, kebetulan masih tergolong “mudah” dan masih ada kaitannya dengan IT. Bisa juga buat catatan pribadi saya hehehe.

Kali ini saya mau bahas tentang Pengenalan Teknologi Informasi.

Teman-teman pasti sudah pernah mendengar yang namanya Data dan Informasi. Apakah keduanya sama? Atau berbeda?

Keduanya berbeda. Data merujuk kepada fakta mentah, angka, simbol, yang belum dapat memberikan makna. Data bisa berupa tulisan, angka, atau hal lainnya. Data juga biasanya belum terorganisir.

Menurut KBBI, data adalah :

  1. Keterangan yang benar atau nyata.
  2. Keterangan atau bahan nyata yang dapat dijadikan dasar kajian (analisis atau kesimpulan).

Sedangkan informasi adalah data yang telah diproses, yang dapat memberikan konteks atau kegunaan untuk suatu pertanyaan. Informasi merupakan hal yang didapatkan dari data yang sudah diproses. Informasi bergantung pada data.

Menurut KBBI, informasi adalah:

  1. Penerangan.
  2. Pemberitahuan; kabar atau berita tentang sesuatu.

Pengetahuan adalah pemahaman yang lebih dalam yang didapatkan dari informasi dan pengalaman. Pengetahuan melebihi pemahaman yang hanya didapatkan dari informasi.

Sebagai contoh, kita lihat gambar 2 berikut ini:

gambar 2 – contoh

Pada gambar 2 terdapat 3 pernyataan. Pernyataan a merupakan data karena dapat dilihat hanya memuat angka saja tanpa konteks yang jelas. Pada pernyataan b sudah dapat dilihat bahwa data tersebut merupakan data suhu dalam satuan Celsius. Namun pernyataan ini juga masih berbentuk data karena masih tanpa konteks data ini merupakan suhu apa.

Pada pernyataan c, ini sudah termasuk informasi. Karena data yang dimaksud pada pernyataan b telah diberi keterangan. Bahwa ini merupakan data suhu rata-rata bulanan di Indonesia selama Mei-Juli 2023.

Teknologi informasi mengacu pada penggunaan komputer (jaringan, hardware, software, dan lainnya) untuk mneyimpan, memroses, mengirim, atau mendapatkan informasi.

Teknologi mengacu kepada penerapan dari pengetahuan ilmiah, peralatan, teknik, dan proses untuk membuat atau merubah suatu produk atau sistem. Penggunaan teknologi melibatkan penggunaan berbagai peralatan atau metode untuk menyelesaikan masalah atau untuk mencapai tujuan.

Contoh, pengetahuan ilmiah misalnya diketahui bahwa gelombang suara dapat diubah ke bentuk gelombang listrik dan juga sebaliknya. Hasil dari pengetahuan ilmiah tersebut adalah dikembangkannya telepon.

gambar 3 – ilustrasi

Komputer. Saya rasa teman-teman pernah atau sering menggunakan komputer. Menurut Robert H Blissmer,

Komputer merupakan suatu alat elektronik yang mampu melakukan beberapa tugas, yaitu menerima input, memroses input sesuai dengan instruksi yang diberikan, menyimpan perintah-perintah dan hasil pengolahannya, serta menyediakan output dalam bentuk informasi.

Berikut ini beberapa kelebihan menggunakan komputer:

  1. Meningkatkan produktivitas dan efisiensi dalam mengerjakan pekerjaan.
  2. Akses yang mudah dalam mendapatkan informasi dan sumber daya (resources)
  3. Memudahkan komunikasi, contoh: kita bisa berkomunikasi lewat email, video call, dan lainnya.
  4. Otomasi pekerjaan repetifif, dapat membantu menghemat waktu dan tenaga.
  5. Sebagai penyimpanan data, komputer mampu menampung data dengan ukuran yang besar (tergantung kapasitas).

Sekian dulu yang saya bagikan kali ini. Semoga bisa bermanfaat. Bye~

Leave a Comment