Kuliah atau Kerja? Atau Kerja Sambil Kuliah?

Hai, apa kabar semuanya? Semoga kalian sehat ya. Hari ini saya mau berbagi unek-unek saya. Kali ini berkaitan dengan pekerjaan dan perkuliahan.

Saya lulusan D3 salah satu universitas. Saya merasa beruntung bisa “makan” bangku kuliah. Bisa ngerasain banyak up and downs saat perkuliahan, mulai dari main dengan teman teman kuliah, ngekos (saya numpang sih tepatnya hehe) dan juga berorganisasi. Gak sedikit temen temen saya yang lulus SMA langsung lanjut cari kerja, mungkin karena alasan ekonomi atau yang lain.

Sempet kepikiran juga “Nanti kalo punya anak kalo bisa dikuliahin deh, biar bisa ngerasain kehidupan perkuliahan”. Tapi, belakangan ini saya mulai dapet pandangan baru.

Pas saya gabung di tempat kerja saya sekarang (Excellent Infotama), saya liat beberapa karyawan masih pada muda, beda beberapa tahun sama saya tapi pengalaman kerjanya jauh lebih dari saya. Kok bisa ya kan. Ternyata mereka banyak yang kerja sambil kuliah (kuliah kelas karyawan atau malam). Ada poin plus yang bisa didapat dari hal ini. Mereka jadi bisa dapat pengalaman kerja yang lebih banyak dan juga gelar akademik sekaligus.

Sedangkan saya tiga tahun kuliah (plus satu tahun kerjain tugas akhir hehe), tidak dapet “poin plus” atau pengalaman kerja “beneran” (ada sih magang PKL tiga bulan hehe).

Pasti sih, kerja sambil kuliah bukan hal yang gampang. Banyak pertimbangannya. banyak tantangan yang dihadapi. Misalnya manajemen waktu dan prioritas. Juga banyak hal lain. Dimana mungkin saya juga kurang paham karena belum pernah mengalaminya hehe.

Tapi, tulisan ini bukan berarti saya langsung bilang atau menyimpulkan bahwa kuliah reguler itu jelek. Bukan begitu. Dengan hal ini, saya jadi punya pandangan baru atau pengetahuan baru mengenai jalan hidup yang dipilih orang lain.

Ngomong-ngomong, saya juga memutuskan untuk daftar S1, kelas ekstensi malam. Sambil bekerja. Hehe. KBM dimulai dua bulan lagi. Wish me luck.

2 thoughts on “Kuliah atau Kerja? Atau Kerja Sambil Kuliah?”

Leave a Comment