Email dan Mail Server

Brett Jordan-Unsplash

Apa kabar semuanya? Semoga semuanya pada sehat ya. Di artikel kali ini saya mau bahas tentang Mail Server. Saya yakin sebagian besar dari pembaca semuanya memiliki akun email. Email sangat penting di zaman sekarang, terlebih dengan penggunaan ponsel pintar yang sekarang sepertinya hampir semua orang (terutama di wilayah kota) memiliki ponsel pintar.

Umumnya ponsel pintar membutuhkan akun (termasuk akun email) agar dapat digunakan secara maksimal.

Email adalah singkatan dari Electronic Mail. Email adalah cara atau metode yang digunakan untuk mengirim atau/dan menerima pesan secara digital.

Banyak penyedia jasa email. Namun, yang paling sering digunakan (sepertinya, sejauh pengetahuan saya) saat ini adalah GMail, yaitu produk dari Google. GMail digunakan banyak orang karena saat ini kebanyakan penduduk Indonesia menggunakan ponsel Android, dimana Android merupakan layanan atau produk Google, yang membutuhkan akun Google agar dapat berfungsi dengan maksimal.

Dengan email, kita dapat mengirim pesan teks, gambar, suara, dokumen, video, dan lainnya. Tapi, apa kalian pernah punya pikiran kaya gini: Cara kerja email gimana ya? Kok bisa pesan yang saya kirim nyampe di tujuan saya?

Mail Server

Apa itu Mail Server? Mail server berperan penting dalam pengiriman email. Mail server adalah program yang melakukan pengelolaan email; seperti pengiriman, penerimaan, dan ruang penyimpanan email.

Mick – Unsplash

Mail server bisa dibayangkan seperti Kantor Pos namun dalam bentuk digital. Saat kita mengirim email, email tersebut pergi menuju Mail Server dari Penyedia jasa Email kita (misal Gmail).

Mail Server bertugas untuk menentukan kemana email tersebut akan dikirimkan (tujuan email tersebut) kemudian mengirimkannya ke mail server penerima.

Kemudian, Mail server penerima akan meneruskan email tersebut ke kotak masuk (inbox) email penerima.

Proses pengiriman email bisa dibilang sangat cepat. Menjadikan email sebagai sarana berkomunikasi yang efektif. Terutama bagi perusahaan.

Zimbra Mail Server

Saya bekerja di PT Excellent, dimana tempat saya bekerja ini menyediakan layanan Mail Server juga. Layanan tersebut dinamakan Zimbra. Saat ini saya juga massih belajar mengenai produk ini hehehe.

Zimbra merupakan salah satu solusi Mail server yang bisa membantu organisasi atau perusahaan dalam mengelola email, kontak, kalender dan hal lainnya. Zimbra memiliki fitur fitur yang bisa membantu mengamankan dan menjaga reputasi bisnis, misal seperti layanan Spam Filtering dan Antivirus.

Mungkin di artikel lain saya akan membahas lebih lanjut mengenai Zimbra, dan juga mungkin yang lebih menarik, kita bisa mencoba memasang Zimbra dan belajar sama-sama!

Itu aja yang bisa saya share di artikel ini. Semoga bermanfaat. Bye!

Leave a Comment