Laptop Rusak – part 4

Mungkin teman-teman bosan liat blog saya, perihal laptop rusak saja sampai 4 part. Sorry ya…

Tanggal 17 kemarin mumpung libur, saya mau coba kerjain trik DIY pakai lem Epoxy. Pergi ke toko bangunan dan barangnya ada. Harganya Rp20.000,-. Gak terlalu beda jauh dengan beli online. Barangnya terdiri dari dua jenis, yaitu epoxynya itu sendiri dan juga hardenernya.

image host

Malam hari sekitar jam 10, saya mulai kerjakan proyek ini (kaya apa aja proyek hehe). Mulai bongkar-bongkar. Juga saya rekam prosesnya, mau sekalian dibuat video.

Rencananya saya mau lepas layarnya dari bodi utama laptop, agar lebih mudah pengerjaannya. Terlebih dahulu dilepas konektor antena, layar, dan juga baterai. Layar kemudian berhasil dilepas.

image host

Kemudian, saya cek keadaan engselnya. Sebenarnya engselnya masih normal, tapi dudukan di bagian layarnya yang hancur.

Saya mulai tuang dan campurkan epoxynya. Campuran epoxy ini cukup cepat mengering dan mengeras. Jadinya saya agak kesulitan untuk mengoleskan epoxy di bagian layar (dudukan engsel) karena campurannya mulai mengeras. Jadinya saya perlu oles epoxynya pakai tangan.

Semakin lama bekas epoxy yang menempel di tangan pun makin keras dan makin sulit dibersihkan. Tapi masih lebih mudah dibersihkan dibandingkan dengan bekas lem super (power glue) yang menempel di tangan.

Bagian layar dan engsel yang sudah direkatkan dengan epoxy pun dijepit. Rencananya akan saya tinggal tidur dan lanjut pasang di pagi hari.

Pagi harinya, sekitar pukul 6:30 saya mulai mengerjakan proyek ini lagi. Saat pemasangan, ada satu sekrup yang hilang. Aduh. Tapi akhirnya layar berhasil dipasang. Gak lupa juga pasang kembali konektor antena, layar dan baterai.

Setelah semua konektor terpasang (sekrup belum dipasang), saya coba tes apakah layarnya berhasil menyala atau tidak. Menekan tombol power, dan indikator laptop menyala. Artinya konektor baterai sudah berhasil dipasang. Namun beberapa saat kemudian layar belum kunjung tampil. Sempat tampil logo Advan namun hilang lagi.

Saya juga sepertinya sempat coba restart dengan Ctrl+Alt+Del. Beberapa saat menunggu, akhirnya layar menyala seperti biasanya. Lanjut masuk ke desktop lalu laptop dimatikan lagi untuk memasang sekrup.

Saya coba lipat/tutup akhirnya bisa. Walaupun ada bagian yang terangkat tapi setidaknya saat ini sudah bisa ditutup.

Setelah laptop “beres”, saya pun main dengan teman-teman. Gowes (saya doang) dan basket (asal main aja). Kemudian saya coba edit video proses perbaikannya. Total durasi video selama satu jam lebih, dan diedit jadi hanya 26 menit. Ternyata proses edit video walaupun sederhana memakan waktu yang cukup banyak juga ya.

Akhirnya sekitar jam 9 malam videonya sudah selesai dan saya unggah ke Youtube. Mungkin bisa berguna untuk orang lain.

Saya pun senang karena akhirnya bisa kembali bawa motor lagi ke kantor, karena laptopnya sudah bisa dilipat.

Keesokan harinya (pagi ini, 19/08) saat saya mau berangkat ke kantor, ternyata bermasalah lagi. Engselnya lepas lagi. Wahh. Mungkin karena epoxy yang digunakan sudah mulai mengeras (saya kurang cepat apply ke laptopnya) dan kurang lama dijepitnya? Jadinya saya paksa tutup dan masih bisa masuk tas.

image host

Gitu dulu tulisan saya kali ini. Sampai jumpa, bye~

Leave a Comment