Jum’at Sabtu

Hi all. Saya mau cerita yang saya alami pekan lalu.

AI generated

Jum’at tanggal ganjil artinya kuliah offline. Hari itu cukup banyak hal yang saya lakukan di kantor. Sudah jam pulang kantor siap-siap buat ke kampus. Di hari itu saya bawa mobil ke kampus. Agak cepat karena sore macet hehe.

Di perjalanan saya liat notifikasi ponsel, ada berita duka cita. Pas saya cek ternyata tetangga saya, Pak Adi Suryanto (Kepala Lembaga Administrasi Negara). Cukup kaget dan sempet gak percaya. Beliau meninggal di Yogyakarta, dinas. Meninggal di Hari Jum’at, salah satu impian Umat Muslim.

berita

Beliau adalah tokoh yang sangat berjasa di lingkungan saya. Banyak sekali kontribusinya. Saya sekelas sama anak beliau pas SMP. Beliau juga Ketua DKM di Masjid dekat rumah saya. Beliau dikenal sebagai pribadi yang humble, dan lebih memilih tinggal di pemukiman biasa daripada di lingkungan yang mewah (beliau ada juga tempat tinggal di salah satu komplek perumahan mewah namun lebih sering di rumahnya yang di Cibitung).

Sangat kaget saya mendapat kabar seperti itu. Saya terakhir ketemu beliau kayanya pas di acara pernikahan anaknya (yang saya bilang tadi). Sebelumnya, saya cukup sering ketemu beliau lagi santai atau ngobrol-ngobrol di saung dekat rumahnya. Jadi pikiran juga selama perjalanan ke kampus.

traffic jam – AI generated

Lanjut ke perjalanan ke kampus. Exit Tol Jakarta Cikampek tumben macet sampai dekat GT Halim. Tapi ternyata tidak ada kejadian seperti tabrakan, hanya macet karena banyak kendaraan. Lanjut jalan, sampai daerah PGC cukup tumben jam segitu (sekitar 17.30an) gak terlalu macet seperti biasanya. Saya pikir, kalo gini bisa kayanya nyampe kampus sebelum Maghrib.

Ternyata pikiran saya tersebut tidak sesuai kenyataan. Di Jalan Raya Condet, sekitar 2 KM lagi ke kampus ternyata macet parah. Di maps perkiraan waktu sekitar 20 menit untuk jarak yang tidak terlalu jauh. Wah udah gak karuan saya di mobil. Perlahan lahan bisa maju dan sampai kampus sekitar pukul 18:30.

campus – AI generated

Saya otw kelas sekitar pukul 18:40. Sudah banyak mahasiswa lain. Ternyata dosen belum datang. Ditunggu sampai jam 7 lebih ternyata belum datang juga. Mahasiswa yang lain pun mulai banyak yang memikirkan untuk pulang, dan sebagian lagi memutuskan untuk tunggu dulu. Sudah jam 19:20 dan saya pun memutuskan untuk Shalat Isya dulu, kalo ada kabar dosen dateng berarti balik ke kelas. Kalau tidak ada ya balik ke rumah hehe.

Selesai Shalat Isya, saya pun ketemu dengan teman sekelas saya, sebut saja Bang Gunawan (wah sama kaya yang ada di kantor dong? Beda hehe). Saya cek grup kelas ternyata dosen ngabarin kalau beliau tadi masih ada di kampus 1 dan terjebak macet saat otw ke kampus 2. Jam 19:40 pun kami (saya dan Bang Gunawan) kembali ke kelas.

Mata Kuliah Sosial Budaya. Materi malam itu mengenai Manusia dan Peradaban. Presentasi. Tanya jawab. Pindah dulu sebentar, pengen curhat sedikit hehe. Dulu pas wisuda D3 (2022) saya liat mahasiswa yang paling berprestasi dipanggil duluan (dapet panggilan khusus saat wisuda dan disebut nama orangtuanya). Saya dulu sempet mikir. “Wah gw harus bisa nih jadi mahasiswa berprestasi kalo lanjut S1 biar nyenengin orang tua”. Awal-awal pas daftar kuliah juga masih “berapi-api” semangatnya. Tapi, pas kuliah sekarang mikir lagi. “Bisa gak ya”. Saya juga kan kuliah non-reguler, mungkin pace-nya atau sistemnya (saya bingung mau pakai kata apa wkwk) berbeda. Yaudah kali ini saya coba semampu saya. “do my best” aja dulu hehe.

Malam itu dapet tugas bikin paper untuk pengganti nilai UTS. Bahas tentang Tembok Cina. Perkuliahan selesai sekitar pukul 9. Laper juga, cari jajanan ah. Saya pun ke kantin deket-deket kampus. Keliling bentar, wah harganya lumayan juga ya (gak mahal-mahal banget sih. 15-30k) dan saya pun memutuskan untuk makan Nasi Padang yang paket 10k. Lumayan, nasi-ayam-daun-kuah-air putih. Hehehe.

foto 2 pekan yang lalu kalo ini. menu yang sama

–spoiler alert: capres-related–

Makan selesai, lanjut pulang. Masih sekitar jam 9. Saya pun sambil dengerin podcast dari channel biru. Anies Baswedan. Videonya udah lama, sekitar setahun yang lalu. Saya baru dengerin kali ini. Ternyata banyak banget yang dilakukan Pak Anies saat menjabat jadi Gubernur Jakarta yang saya belum ketahui. Banyak insight juga yang saya dapatkan dari podcast itu. Saya juga sempet mikir “kenapa baru nonton ini ya, gak dari dulu”.

AI generated

Saya jalan ikutin maps. Gak lewat Jalan Raya Condet lagi. Tapi lewat ke arah Taman Mini. Cukup ramai dan agak macet juga. Akhirnya di Pondok Gede saya memutuskan untuk masuk tol. Oiya, pas nulis tulisan ini saya keinget lagi. Pas saya di lokasi tersebut, podcast nya membahas tentang apa aja yang dilakukan Pemprov DKI kalau terjadi banjir. Ada KPI-nya segala. Seperti, banjir harus bisa surut dalam waktu 6 jam. Dan berbagai peralatan seperti mobil damkar dan berbagai pompa air pun dikerahkan guna mempercepat banjir surut.

Jalan tol kali itu ramai-lancar. Mendekati exit Tambun, saya mulai sein kiri. Kok padet banget pikir saya. Sampai macet banget. Eh ternyata itu antrian masuk Rest Area KM 19. Exitnya masih agak kesana lagi hehe.

Sampai di Grand Wisata, podcast Pak Anies selesai. Lanjut autoplay podcast selanjutnya. Kali ini narasumbernya Coach Yuszak. Coach keuangan. Podcast kali ini saya gak terlalu fokus menyimak.

Di perjalanan saya mikir, pasti banyak tamu/pelayat yang datang. Secara, pejabat tinggi. Saya yakin banyak karangan bunga. Karena, waktu beberapa tahun lalu saat mertua Pak Adi meninggal saja, karangan bunga sangat banyak sepanjang gang ke arah rumah beliau. Saat hendak masuk ke arah Kampung Selang hingga ke komplek rumah, saya lihat sudah banyak polisi dan hansip yang berjaga di tikungan.

AI generated

Sampai depan rumah saya, benar. Banyak pelayat dan karangan bunga. Saya juga sempet mikir “Mungkin diantara tamu-tamu pejabat ini ada yang berpikir “Pak Adi kok tinggalnya di kampung ya?””. Saya sampai rumah sekitar jam 11 kurang dan ayah saya pun turut serta dalam mengurus hal ini.

Saya nanya ke ayah saya, “Besok mau nganter (jenazah)?” dan ayah saya bilang kayanya nggak, mau sama siapa? Ya, karena Sabtu besoknya jadwal saya kuliah offline. Saya pun memutuskan untuk gak kuliah (masih ada jatah bolos hehe) buat ikut ke pemakaman. Ayah saya cukup “ditokohkan” di lingkungan, dan saya juga ngerasa Pak Adi banyak kontribusi ke lingkungan. Dan saya juga mikir “masa sih gak nganterin?”. Saya juga bilang ke ibu saya kalo saya kayanya besok gak ngampus.

Keesokan harinya

Saya liat ke depan rumah. Karangan bunga makin banyak. Sudah banyak polisi yang siap siap. Saya pun cek ke lapangan belakang. Penuh karangan bunga. Sampai ke gang masjid juga dipenuhi karangan bunga.

Sekitar jam 7, akan dilaksanakan prosesi Shalat Jenazah. Yang ikut menshalatkan saya lihat cukup banyak. Ada sambutan singkat dari Pak Camat dan perwakilan dari MUI. Banyak orang juga menanggap hal yang sama. Pak Adi banyak melakukan hal yang bermanfaat, dan dinilai sebagai orang yang baik di mata banyak orang. Semoga Pak Adi diterima Iman Islamnya, diterima amal kebaikannya dan semoga keluarganya diberikan ketabahan.

Selesai shalat jenazah, saya tanya ke ayah saya siapa aja yang mau ikut di mobil. Ternyata ada 3 tetangga saya yang mau bareng. Salah satu tetangga saya mau ikut karena mobilnya lagi rusak. Protokoler (pengawalan) mulai siap-siap, dan saya pun juga siap siap keluarin mobil.

AI generated

Banyak sekali yang ikut di rombongan. Mungkin ada puluhan mobil. Mungkin juga ratusan? Saya pun ikut rombongan. Akan dimakamkan di Al Azhar Memorial Garden di Karawang. Berangkat sekitar pukul 8. Penjagaan oleh polisi juga dilakukan di persimpangan ke arah Jalan Raya Bosih. Di jalan tol, rombongan agak berpencar. Namun saat hendak exit di KM 54, polisi mulai merapikan barisan. Tetangga saya ada yang sempat tidak jadi ikut karena dipikir yang ikut atau mobilnya dibatasi oleh protokoler, tapi ternyata ybs tetap ikut karena pada kenyataannya tidak dibatasi.

Sampai di Al Azhar Memorial Garden pada sekitar pukul setengah sepuluh. Lokasinya di pinggir Tol Jakarta Cikampek (belakang rest area mini KM 52). Saya baru kali ini ke pemakaman yang seperti ini. Jauh dari kesan pemakaman yang biasa saya lihat pada umumnya. Bersih dan luas.

tenda disana lokasinya

Dari gerbang ke lokasi liang lahat cukup jauh. Setibanya disana, saya lihat juga sudah banyak mobil lain, mungkin dari pengantar (saya lihat kebanyakan pejabat juga) yang tidak ikut rombongan tadi. Setibanya disana juga, kembali dilakukan Shalat Jenazah di Mushalla yang ada disana.

sumber: website pan-rb

Prosesi pemakaman dilaksanakan pukul sepuluh. Prosesi pembacaan do’a, Juga ada sambutan dari Menteri PAN-RB, Pak Abdullah Azwar. Beliau menyampaikan banyak hal tentang Pak Adi. Seperti semangat dalam reformasi birokrasi, loyal dalam pekerjaan dan sebagainya.

prosesi pemakaman

Prosesi pemakaman selesai sekitar jam sebelas kurang. Masih ada yang stay, juga ada yang mulai pulang. Saya juga melihat masih ada yang baru datang. Saya pun lanjut pulang bersama dengan tetangga saya.

That’s it, pengalaman saya di Hari Jum’at dan Sabtu kemarin. Kehilangan salah satu orang yang berperan dalam lingkungan, dan juga pasti negara juga merasa kehilangan. Selamat jalan Pak Adi.

   

 

 

Leave a Comment